Selasa, 12 Januari 2016


Apa Itu Cloud Computing?
Cloud Computing? pasti banyak dari para pembaca yang sudah sering dengar kata tersebut, atau jika belum pernah dengar, mungkin pernah dengar istilah dalam bahasa Indonesia-nya, yaitu “Komputasi Awan”. Ada banyak sudut pandang untuk menjelaskan apa itu Cloud Computing, Wikipedia sendiri menjelaskan Cloud Computing seperti DISINI. Mungkin bagi orang awam, ketika baca penjelasan tersebut masih belum jelas. Untuk itu, saya akan coba menjelaskan-nya dengan bahasa yang lebih mudah dengan analogi dibawah ini.
Tentu kita semua adalah para pemakai listrik dalam kehidupan sehari-hari. Untuk bisa menikmati listrik, kita tidak perlu mendirikan infrastruktur pembangkit listrik sendiri kan? yang perlu kita lakukan adalah mendaftar ke PLN, dan kita tinggal bayar biaya listrik berdasarkan jumlah penggunaan kita tiap bulan. Saat kita butuh daya tambahan karena suatu tujuan khusus (misal-nya kita ada acara nikahan), kita tinggal bilang ke PLN untuk tambah daya, dan suatu saat nanti ketika ingin turun daya lagi, kita tinggal bilang juga ke PLN. Bisa dikatakan penambahan daya listrik ini sifat-nya ELASTIS dan (harus-nya) bisa dilakukan segera.
Ketika memakai layanan listrik dari PLN, kita tidak perlu pusing untuk memikirkan bagaimana PLN memenuhi kebutuhan listrik kita, bagaimana ketika mereka ada kerusakan alat, bagaimana proses perawatan alat-alat tersebut, dsb. Inti-nya kita cukup tahu bahwa kita bisa menikmati listrik dan berkewajiban membayar biaya tersebut tiap bulan, sedangkan PLN sendiri berkewajiban untuk memenuhi kebutuhan kita berdasarkan level layanan mereka.
Nah, analogi PLN diatas, adalah sedikit gambaran Cloud Computing, dimana Cloud Computing ini bertugas untuk memberikan layanan dan kita adalah user/pemakai dari layanan tersebut. Kita tidak perlu pusing memikirkan bagaimana mereka (penyedia layananan Cloud Computing) menyedikan layanan tersebut, yang penting mereka bisa memberikan standar layanan sesuai dengan apa yang kita butuhkan. Untuk biaya layanan kita tinggal bayar berdasarkan pemakaian. Saat kita butuh tambahan layanan, kita bisa meminta segera penambahan layanan tersebut, dan juga sebalik-nya (ELASTIS).






SALAH SATU CONTOH MEDIA PENYIMPANAN CLOUD COMPUTING, adalah


 YOUTUBE


Apa Itu Youtube? - Youtube adalah sebuah situs website yang dirancang untuk Men-Share atau berbagi Vidio. Pengguna Youtube bisa mencapai jutaan bahkan ribuan pengguna youtube. Pengguna di seluruh dunia telah membuat akun di situs youtube. Di perkirakan dalam satu menitnya pengguna youtuber meng-upload sebanyak 35 jam video yang di ungah ke youtube.




File video bisa sangat besar dari mb-mban sampai giga-giganan. Dengan youtube anda bisa mengirim video itu dengan "Link Url" yaitu alamat dari halaman internet yang relavan. Link Url bisa anda kirim menggunakan situs media sosial (Facebook, Twwiter, Instragram, dll) atau anda juga dapat mengirim url dengan Email (yahoo, Gmail, dll).

Youtube dibuat pada tahun 2005. Youtube dibuat oleh 3 orang mantan pegawai Paypal pada Februaru 2005. Ketiga orang tersebut adalah Chad Hurley, seteven chen, dan jawed karim. Mereka mendaftarkan domain YouTube.com pada bulan februari tahun 2005. 

Youtube dimaksud kan untuk orang-orang. Untuk mengirim dan berbagi konten video asli. Tapi sejak saat itu juga menjadi baik arsip untuk menyimpan video Favorite, lagu dan lelucon, serta situs penayangan iklan untuk produk-produk mereka. 

Saat ini 'video virus' istilah umum. Hal ini mengacu pada klip video yang orang menyukai begitu banyak bahwa mereka telah berbagi link-nya melalui email dengan jutaan orang lain di seluruh dunia - pada dasarnya, itu menyebar seperti virus. Perusahaan telah menyadari bahwa mereka dapat memanfaatkan kemampuan ini untuk menjangkau pelanggan potensial dan telah menciptakan account YouTube mereka sendiri untuk posting iklan dan video pemasaran lainnya.

Film dan televisi perusahaan mempertahankan kontrol ketat atas konten mereka sendiri dan blok ilegal berbagi program mereka. Namun, beberapa sekarang menggunakan YouTube untuk memungkinkan penggemar untuk melihat trailer berkualitas tinggi atau mengulangi acara baru-baru ini ditayangkan.

Format File Video yang di dukung YouTube (video upload)

youtube_file_format1a
Sedikit bertanya-tanya kira-kira format file apa saja yang di dukung (kompatible) untuk di upload ke youtube??

Nah berikut ada kumpulan format file video yang dapat anda upload ke youtube sebagai tambahan referensi, buat yang ingin meng-upload video misalnya video liburan, video tutorial, video event, video berita, video musik dan lain-lain.

Saya sendiri sering sekali meng-upload video tutorial saya dalam format file .WMV silahkan di cek di saluran youtube saya di www.youtube.com/depalpiss7

Oke, apa saja yah! video file formatnya???

MOV

file_mov
MOV merupakan file ektensi untuk format file QuickTime multimedia. Format ini di buat oleh Apple Computer fungsinya untuk dapat bekerja dengan file multimedia. Untuk bermain-main dengan format MOV pada komputer windows, anda harus harus menginstal komponen tambahan atau di konvensi ke format lain.

MOV merupakan format kontiner dan dapat berisi video, grafis, 3D ataupun virtual reality (VR).



MPEG4

file_mpeg
MPEG (Moving Picture Experts Group), MPEG sebenarnya bukan format namun ia adalah sebuah kelompok kerja ISO/IEC (kumpulan standar untuk sistem manajemen mutu/ International Electrotechnical Commission), yang mengembangkan standar video/audio encoding.

Namun kebanyakan MPEG di ambil untuk nama format standar seperti : MPEG-1, MPEG-2, MPEG Audio Layer-3, MPEG-4, MPEG-7 dan MPEG-21.

MPEG4 sendiri diciptakan untuk streaming video berkualitas DVD pada kecepatan data yang lebih rendah dan ukuran file yang lebih kecil. MPEG-4 mendukung video/audio "objek", konten 3D, sprite, teks dan jenis media lainnya. MPEG-4 telah menjadi sangat populer karena kemampuan untuk menyesuaikan film dua jam ke file CD mempertahankan kualitas relatif tinggi.


AVI

file_avi
AVI (Audio Video Interleave), File ini memiliki file format ektensi .avi. Di kembangkan oleh Microsoft pada tahun 1992. File .avi menyebar luas dan populer dan banyak orang menganggapnya sebagai standar de facto untuk menyimpan video dan informasi audio pada PC.

Keuntungan AVI adalah file ini dpat berjalan pada beberapa sistem yang berbeda seperti Windows, Mac, Linux, Unix serta di dukung hampir semua browser web yang paling poluler sekalipun.


WMV

file_wmv
WMV (Windows Media Video), format video yang di kembangkan oleh Microsoft pada non-standar versi MPEG-4. WMV berurusan dengan semua jenis konten video dan audio.

Keuntunganya adalah format ini menungkinkan kompres file video yang besar namun tetap mempertahankan kualitas yang cukup tinggi.


MPEGPS

file_MPEGPS
Program stream (PS atau MPEG-PS), adalah format kontainer untuk multiplexing digital audio , video yang dan banyak lagi.

Stream Program yang digunakan pada DVD-Video disc dan HD DVD video disc, namun dengan beberapa pembatasan dan ekstensi. Ekstensi nama filenya adalah VOB dan EVO .(wikipedia)


FLV

file_flv
FLV (Flash Video), merupakan kontainer file format yang mengirimkan video melalui internet menggunakan  Adobe Flash Player versi 6-11. File ini juga dapat tertanam dalam file SWF.

Memiliki 2 format file yang berbeda yaitu : FLV dan F4V.


3GPP

file_3GPP
3GPP (3rd Generation Partnership Project), merupakan kolaborasai antar kelompok telekomunikasi. Ruang lingkupnya berlaku secara global (3G) pada ponsel. Itu sebabnya kenapa banyak sekali video dengan format .3gp berasal dari kamera handphone.



WebM

file_WebM_1a
WebM, di sponsori oleh Google Inc. Merupakan format audio/video yang di rancang untuk memberikan royalty-free untuk di gunakan dalam video HTML5.

























Tidak ada komentar:

Posting Komentar